Sejarah dan Pengertian Outbound Secara Luas

sejarah-dan-pengertian-outbound-secara-luas

Sejarah dan Pengertian Outbound Secara Luas

Sejarah Outbound

Outbound menurut berbagai sumber sejarah pada awal berdirinya bernama Outward Bound yang dimulai pada tahun 1941, Ketika itu, seorang ahli pendidikan berkebangsaan Jerman bernama Kurt Hann yang mendapat tawaran pekerjaan dari Lawrence Holt – Seorang Pengusaha Kapal Niaga.

Holt punya masalah, yaitu kinerja antar-awak kapalnya rendah sekali, terutama soal kerja sama antar tim. Akhirnya, Kurt Hann menerima tawaran itu, untuk mengatasi persoalan tadi, ia mengadaptasi suatu konsep.

sejarah-outbound

Kurt Hann

Dalam konsep ini, Hann mengembangkan sebuah training management di alam terbuka bagi para awak kapal sebagai medium mereka untuk belajar mematangkan diri dan mengenal lebih dalam tentang potensi diri mereka masing-masing, melalui sekolah Outward Bound, dengan bantuan Lawrence Holt maka didirikan sebuah sekolah Outward Bound di Aberdovey, Wales pada atahun 1941 yang bertujuan untuk melatih fisik mental terutama para pelaut muda.

Selanjutnya Sekolah atau pelatihan yang ia ciptakan ini bertujuan untuk melatih fisik dan mental para pelaut muda guna menghadapi ganasnya pelayaran di lautan Atlantik pada masa itu, ini dikarenakan Inggris ikut terlibat dalam Perang Dunia II. Inilah kaitannya kegiatan outward bound atau outbound dengan dunia perkapalan atau kelautan.

Kegiatan outbound pada awalnya ini dipakai untuk kegiatan mendaki gunung dan petualangan di laut sebagai media pelatihannya. Dr. Kurt Hahn menganggap bahwa kegiatan berpetualang bukan merupakan kegiatan main-main melainkan sebagai wahana berlatih anak-anak muda untuk ajang menuju kedewasaan.

Dengan menggunakan metode, media dan pendekatan yang dilakukan oleh sekolah Outward Bound, banyak ahli pendidikan yang mengklasifikasikan bentuk pelatihan yang diajarkan Dr. Hahn sebagai Adventure Education atau Experiental Learning (EL). Setelah berakhirnya Perang Dunia II, metode pelatihan ini berkembang pesat dan mulai ditiru di banyak tempat bahkan sampai keluar wilayah Eropa.

Pada tahun 1970-an Outward Bound telah berkembang menjadi jaringan 30 sekolah lebih, yang menawarkan aneka petualangan dihutan belantara, berlayar, mendaki gunung dan bersampan di sungai. Pelatihan ini diberikan kepada setiap orang yang berumur 16 tahun keatas dan berbadan sehat.

Para peserta di Carolina Utara telah mengenyam beberapa pengalaman semacam itu selagi mereka meresapi pelajaran pokok di Outwad Bound. Mereka menjajal diri meraka melawan tantangan fisik yang begitu menyiksa sehingga tak satupun merasa yakin dapat meyelesaikan pelatihan ini.

Tetapi ketika terbukti dapat mengatasinya, mereka memperoleh perasaan kuat baru, bagaikan mendapat suntikan vaksinasi melawan ketegangan, hingga seorang peserta berkata , “Saya kini tahu bahwa jika saya cukup berhasrat melakukan sesuatu, saya dapat melakukannya.”

Konsep training management Hahn pada intinya didasarkan atas perpaduan paket manajemen empat unsur, yaitu: tempat, isi program, simulator, dan kegiatan berbasis petualangan yang kemudian disebut dengan Outbound.

Outbound berasal dari kata out of boundaries, artinya keluar dari batas. Hal itu merupakan istilah di bidang kelautan yang menandakan saat-saat sebuah kapal keluar dari dermaga dan melewati batas perairan.

Metode Training Outbound di alam terbuka yang dikembangkan Hahn berfungsi sebagai katalis, sebagai medium perubahan dan membantu setiap peserta untuk lebih dapat mengenal kelemahan dan kelebihan masing-masing individu.

Metode management Outbound tersebut kemudian dikenal dengan outward bound dan kemudian menjalar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Sejarah Outbound di Indonesia

Sejarah Outbound di Indonesia tidak bisa dipisahkan dengan masuknya Outward Bound ke Indonesia, secara resmi Outward Bound Indonesia (OBI) didirikan pada tahun 1990, oleh Djoko Kusumowidagdo dan segera mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia.

Djoko Kusumowidagdo

Djoko Kusumowidagdo

Dengan nama Outward Bound Indonesia, dan di masa kini kegiatan outbound tidak hanya diterapkan untuk kalangan pelaut dan militer saja, namun juga telah meluas lagi ke berbagai kalangan, baik perusahaan, profesional, LSM, lembaga pendidikan, dan sebagainya lainnya.

Perkembangan Outbound begitu pesat. Tak heran, muncul beragam permainan dan istilah-istilah lain seperti Outing, Gathering, Team Building, Exploring dan lain sebagainya yang egiatannya sendiri ada yang bersifat Low impact seperti permainan Team Building, ada pula yang bersifat High Impact seperti Rafting (arung jeram), Paintball, High Rope, Flying Fox dan lain sebagainya.

Tujuan Outbound

Tujuan utama Outbound adalah Melatih peserta untuk mampu menyesuaikan diri (adaptasi) dengan perubahan yang ada dengan membentuk sikap professionalisme yang didasarkan pada perubahan dan perkembangan sifat mendasar (traits) dari individu yang meliputi aspek trust, belief, dan komitmen serta kinerja yang diharapkan akan semakin lebih baik.

tujuan-outbound

Lebih jauh, dengan Outbound peserta diharapkan dapat menyadari bahwa apa yang dilakukan itu merupakan bagian tidak terpisahkan dalam kebersamaan dengan rekan-rekannya dalam team. Keberhasilan seorang individu unit kerja organisasi akan merupakan bagian keberhasilan dari organisasi.

Sebaliknya, kegagalan yang terjadi karena kesalahan individu atau suatu unit organisasi akan mempengaruhi pula nilai keberhasilan secara keseluruhan.

Karena itu, semboyan one for all, all for one, yang merupakan semboyan Outbound Internasional selalu didengung-dengungkan dalam kegiatan oleh operator Outbound atau Out bound operator untuk membangun sebuah semangat kebersamaan dan kekompakan, bahkan belakangan ini dikembangkan lagi sebuah semboyan baru yang merupakan pula semboyan dunia global: ”we are one“, kita adalah satu.

 

Manfaat Outbond
  • Membuka pikiran ( Open Mind )
  • Transfer sikap mental, ilmu, praktek dan kemampuan
  • Meningkatkan ketahanan fisik dan mental
  • Sarana untuk meng-Eksplorasi diri
  • Sarana untuk introspeksi dan kontemplasi diri
  • Mengasah kecerdasan IES dan menyelaraskan keseimbangan IES (Intelektual, emosi dan
  • spiritual)
  • Pembentukan karakter ( Character Building )
  • Pengembangan Sumber Daya Manusia ( People development )
  • Pengembangan diri ( Self Development )
  • Proses Pengenalan diri
  • Mengenal Tuhan dan Ciptaannya dengan meningkatkan ketakwaan dan keimanan
  • Sarana penyegaran emosi
  • Penyelesaian masalah individu dan kelembagaan
  • Keharmonisan dan kebahagiaan rumah tangga
  • Menjadi sukses dan bahagia

 

Penggunaan Outbound

Saat ini pelatihan outbound banyak digunakan untuk banyak hal, contohnya untuk perusahaan, tujuannya antara lain untuk orientasi dan pemetaaan, pengukuran atau assessment, dan bahkan pelatihan dan pengembangan individu dan team.

penggunaan-outbound

Dari kegiatan di luar ruangan ini, akan nampak perilaku-perilaku asli yang kadang tidak muncul dalam kehidupan keseharian kita. Harapannya, ketika kita mampu memecahkan masalah dalam pelatihan outbound, spirit tersebut dapat membantu kita mengembangkan diri menghadapi hal lain yang lebih kompleks.

Peserta Outbound Training tidak akan dihukum bila lupa membawa ponco atau jas hujan, tetapi konsekuensinya dia akan basah saat hujan. Disadari atau tidak, filosofi pelajaran dari alam mengajarkan kita untuk mengembangkan softskill yang kita miliki.

Hal ini sangat mendukung pengembangan karakter diri kita, yang bermafaat bagi pekerjaan maupun bidang kehidupan kita yang lain.

 

Provider dan Event Organizer Outbound

Bicara tentang provider dan event organizer outbound khususnya di lembang bandung, akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan event organizer outbound yang mengandalkan situs-situs blog atau website tanpa memiliki atau didukung oleh sumber daya manusia yang professional.

Sebagai salah satu Provider dan Event Organizer Outbound Lembang Bandung , SKY ADVENTURE INDONESIA Hadir sebagai Provider & Event Organizer Outbound dengan didukung oleh sumber daya manusia atau team fasilitator yang profesional, kompeten dan bersahabat dengan visi misi kami mengutamakan SERVICE, SAFETY and QUALITY siap menjadikan pengalaman Outbound anda berbeda.

Untuk anda company atau family yang akan melaksanakan kegiatan Outbound di Lembang Bandung, Silahkan untuk menghubungi Team Marketing kami di Kontak Kami